Home / Kanal Daerah / Mengenal Wisata dan Budaya Desa Jatiguwi Kabupaten Malang

Mengenal Wisata dan Budaya Desa Jatiguwi Kabupaten Malang

WhatsApp Image 2017-01-19 at 07.05.22
H.enggar sri wahyuningtyas. Kepala desa jatiguwi

MALANG -BERITA ANTARA.COM,. Desa Jatiguwi yang terletak di Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang dan terdiri dari 3 dusun, 40 RT dan 9 RW dengan jumlah penduduk 11.616 jiwa dan 2.770 kepala keluarga, Ternyata menyimpan kekayaan dan potensi budaya .

Terlihat dari sejarahnya desa jatiguwi adalah desa yang menjadi asal-usul tari topeng malangan yang sampai sekarang masih menjadi ikon kabupaten malang sampai sekarang masih di lestarikan oleh penduduk desa tersebut. Hal ini dibuktikan dari sanggar tari topeng malangan yang usianya ratusan tahun masih lestari hingga sekarang.

” sebenarnya tari topeng malangan berasal dari sini,namun sayang karena kurangnya publikasi dan promosi membuat budaya tersebut diakui oleh daerah lain.”ungkap enggar kades jatiguwi dikantornya Rabu 18/1.

Selain tari topeng malangan ternyata desa ini menyimpan kekayaan budaya turun temurun lainya salah satunya adalah sekolah bahasa jawa yang saat ini hampir punah dan menjadikan sekolah bahasa jawa satu-satunya cabang sekolah bahasa jawa yang berpusat di solo jawa tengah.
“Sekolah tersebut kami ajarkan kepada anak-anak pada hari Sabtu-Minggu.” Katanya.

Selain itu wilayah Kabupaten Malang bagian selatan ini terkenal juga dengan wisata pemancingan ikan air tawar. “Untuk 2017 ini, direncanakan pembangunan wisata apung,” tambahnya

Menurut dia, pengembangan pariwisata ini sesuai dengan program bupati. Ditambahkan olehnya, untuk perencanaan pembangunan wisata apung tersebut nantinya ditempatkan di daerah Dusun Jatimulyo.

Selain rencana pembangunan wisata apung, Enggar menjelaskan, untuk saat ini ibu-ibu yang berada di desa tersebut sedang dibina untuk pembuatan batik dan bordir.

Sementara, dia juga menegaskan, diperkirakan untuk 2017 ini diperkirakan anggaran dana desa yang diterima Rp 1,8 miliar. “Saat ini, ibu-ibu PKK sedang dibina untuk kerajinan batik dan untuk pembinaan itu juga dikirim ke Jawa Tengah untuk memperdalam ilmu.Dan, kelompok itu terbagi menjadi dua yaitu Kartini I dan Kartini II,” tandasnya.(rochman)

About admin

Check Also

Makna sumpah pemuda menurut Dwi Astutik

BeritaAntara.com,Malang, – Calon anggota DPRD Dapil Lowokwaru nomer urut 6 partai Gerindra Dwi Astutik, S.Pd memaknai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *