Home / Nasional / ULANG TAHUN HIPAKAD KE-3 MENGUSUNG TEMA,”SATU JIWA, SATU KORSA, SATU KOMANDO”

ULANG TAHUN HIPAKAD KE-3 MENGUSUNG TEMA,”SATU JIWA, SATU KORSA, SATU KOMANDO”

BeritaAntara.Com, Malang | Di masa Pandemi Ini DPC Malang Raya Merayakan HUT HIPAKAD (Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat) K-3 di Kebun Teh Wonosari, Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (19/9/2020).

Acara Tersebut Di Buka Dengan Tari Topeng dan Memberi kalung bunga Ke Kolonel Inf Ridwan. Dan Sambutan – sambutan ketua Hipakad dan tamu undangan dan di tengah – tengah acara Para anggota melepaskan Balon berasaan dengan layang-layang sepanjang 190 karya dari DPC Bojonegoro, dan sebelum penutupan Di akhiri dengan pemotongan tumpeng dan Hiburan.

 

Tercatat ada 16 DPC yang mengikuti dengan masing-masing DPC yang dibatasi hanya boleh mengirim 10 perwakilan, dan di luar Dugaan Ternyata Ada Jumlah Perwakilan Dari Masing- Masing DPC yang Melebihi Kuota sehingga Total keseluruhan Anggota Yang datang Kurang lebih 200 Anggota.

“permintaan daerah (DPC) cukup tinggi. Artinya, antusiasme mereka luar biasa untuk bisa bergabung dalam satu forum perayaan ini”,Ujar Priyo Effendy Selaku Ketua DPC HIPAKAD Jatim

Dalam upaya pencegahan Covid-19, pihaknya mengaku telah melakukan kegiatan sosial kemanusiaan dengan penyemprotan disinfektan ke 14 ribu rumah, pembagian ribuan sembako serta pembagian bea siswa kepada siswa atau siswi berprestasi secara berkelanjuatan dan secara terus menerus.

 

 

Namun, pihak penyelenggara terpaksa membatasi jumlah orang yang hadir karena ada pandemi Covid-19.

 

“Karena pandemi, kita harus betul menjaga protokol kesehatan Covid-19. Kalau pandemi sudah selesai, kita bisa hadirkan semuanya dengan tempat yang sangat luas. Kita akan lakukan konsolidasi lagi,” tegasnya.
Selain itu, HIPAKAD juga membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk sembako untuk meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak pandemi covid 19, 10 Handphone ke Siswa(i) berprestasi. Dan Oprasi tumor ke warga yang menderita Kangker tumor dengan keadaan keluarga yg kurang beruntung.

 

Secara Organisasi Untuk HIPAKAD Sendiri Sebenarnya sudah di cetuskan selama 67 tahun tetapi Hanya secara Lokal Saja, dan sekarang di kembangkan dengan Secara Nasional yang Sudah berjalan Selama 3Tahun ini, HIPAKAD Di Usianya Yang Sudah 3 Tahun ini mengangkat Tema MENUMBUHKAN DAN MENGUATKAN SEMANGAT SATU JIWA, SATU KORSA, SATU KOMANDO”.

peringatan HUT ke-3 HIPAKAD ini digelar selama dua hari berturut turut Mulai hari ini sabtu (19/9/2020) hingga Minggu (20/9/2020) besok dengan berbagai kegiatan yang bisa membangun semangat dan meningkatkan SDM anggota muda dan juga akan di beri pembekalan kebangsaan kepada semua anggota yang hadir dalam HUT HIPAKAD Ke 3 ini.

 

Acara ini dihadiri oleh Pangdam V Brawijaya yang diwakili Wakil Danrindam V Brawijaya Kolonel Inf Ridwan, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Bupati Malang diwakili Kepala Dinas Ketenagakerjaan, GM FKPPI serta perwakilan sejumlah ormas dan instansi Lainnya.

 

Kolonel Inf Ridwan berpesan kepada generasi muda HIPAKAD agar bisa menunjukkan jiwa solidaritas dan semangat yang tinggi, guna menjaga kesatuan dan persatuan NKRI.

 

 

Ia yakin jika semangat itu bisa ditanamkan sejak dini kepada generasi muda, maka ketika hendak tumbuh dewasa hingga usia tua, tombak semangat tersebut tetap tertancap tajam di setiap insan muda generasi penerus bangsa.

 

“Harus ditanamkan sejak dini, sehingga mereka punya kemampuan dan keberanian menangkal tantangan hidup yang semakin maju pesat dari tahun ke tahun. biar mereka bisa mandiri. Ingat, kita adalah satu kesatuan,” tegasnya.

 

Sementara, Wawali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mendukung penuh dan mang spresiasi program-program pendalaman wawasan kebangsaan sejak dini kepada peserta maupun keluarga besar TNI.

 

 

Kegiatan bernilai positif, kata Bung Edi, sapaan akrabnya, sangat penting dilakukan dalam kegiatan-kegiatan sosial maupun akademik kemiliteran dan berjiwa sosial

 

“Pelatihan penguatan mental itu sangat penting. Bagaimana menumbuhkan cinta tanah air dan nasionalisme. Masalah kebangsaan ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Ayo edukasi yang lainnya juga,” bebernya.

 

Bung Edi lanjut menyatakan bahwa dalam Operasi Yustisi penegakan hukum kepada pelanggar protokol kesehatan Covid-19, ia menemukan beberapa masyarakat yang masih saja tidak hafal Pancasila dan lagu Indonesia Raya.

 

 

 

Saat diberi hukuman sanksi sosial, warga tersebut dikatakan Bung Edi tidak hafal. Padahal, Pancasila sebagai ideologi bangsa kita harusnya sudah ada di luar kepala secara teks. Secara batin sudah tertanam di setiap hati masyarakat.

 

Dari situlah Bung Edi justru menilai pendalaman wawasan kebangsaan tidak hanya menjadi kegiatan ceremonial tapi juga dibuktikan dengan tindakan nyata di lapangan.”tutur nya

Sebagai informasi, HUT ke-3 HIPAKAD ini menunjuk Malang sebagai tuan rumah pelaksanaan HUT ke 3 DPC HIPAKAD Malang Raya bersama panitia pelaksana mengupayakan menyiapkan acara pertemuan ini dengan waktu yang relatif singkat namun harus dengan pemikiran matang matang.
Untuk Anggota HIPAKAD Di Malang Raya Sendiri Mencakup kurang Lebihnya 500 anggota.

 

“Anak-anak Tentara TNI angkatan Darat Yang Dimana kita Lakukan bagaimana perkembangan perekonomian, kedisiplinan, wawasan kebangsaan, agar mereka bisa Bersatu padu untuk membangun negri ini”, Unar Bambang Suryanto Selaku Ketua Pelaksana HIPAKAD

Dan Sesuai AD/ART untuk anggota HIPAKAD sendiri untuk yang Keluarga atau Bapaknya Punya Scap dan tidak menutup kemungkinan Di Luar dari Keluarga Anggota TNI AD, tetapi bisa Saja Untuk Orang yang berpengaruh besar jasa-jasanya Terhadap perkembangan HIPAKAD Maupun untuk Kemajuan TNI AD Bisa Di Rekrut untuk menjadi anggota.

“Semoga Kedepannya secara internal bisa membangun dirinya menjadi organisasi yang solid, secara Eksternal nya agar Organisasi HIPAKAD ini berguna Bagi Bangsa dan masyarakat”,Tambah harapan Bambang Suryanto.

 

Puluhan bendera besar dan kecil serta baliho umbul-umbul HIPAKAD berkibar mengiringi kedatangan tamu undangan mulai jalan raya hingga lokasi pelaksanaan acara di puncak Kebun Teh wonosari ini bertujuan supaya para undangan tidak bingung mencari lokasi acara. (Nadya | Putra)

About nadya

Check Also

AKSI TOLAK UU OMNIBUS LAW, GEDUNG DPRD KOTA MALANG MENJADI SASARAN RATUSAN DEMONSTRAN

Malang, BeritaAntara.com – Kali ini Gedung DPRD Kota Malang menjadi sasaran amukan ratusan demonstran yang …