Home / Uncategorized / Lahan Tol Mapan di Sidodadi Bakal Rampung

Lahan Tol Mapan di Sidodadi Bakal Rampung

KABUPATEN MALANG – Selangkah lagi pembebasan lahan untuk jalan tol Malang-Pandaan (Mapan) di Desa Sidodadi, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, segera rampung. Itu menyusul dilakukannya proses pembebasan lahan tahap ketiga yang diikuti warga warga Sidodadi, pemilik lahan yang terkena jalan tol Mapan.
Pendataan yang dilakukan tidak hanya luasan lahan tapi juga tanaman serta bangunan. Selanjutnya akan dilakukan penilaian harga untuk dibayarkan kepada warga.
”Ini merupakan pendataan tahap ke tiga, sebelumnya sudah diadakan pendataan tahap pertama dan ke dua,” kata kepala Desa Sidodi Suherianto.
Dalam pendataan itu, semuanya berjalan lancar. Hanya saja, ada sedikit kendala pada pendataan lahan dikarenakan pemiliknya bukan warga Sidodado. Untuk itu, pihaknya terus mencari informasi alamat pemilik lahan.
Selanjutnya, sambung Heri, akan diumumkan nilai harga dari pembebasan lahan tersebut. Saat harga keluar, warga diberi kesempatan untuk komplain apabila harga tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu, warga diberi waktu selama 14 hari setelah pengumuman. Nanti prosesnya langsung di pengadilan.
Dia menyebutkan, total tanah yang terkena jalan tol berjumlah 400 NIB (Nomer Identifikasi Bidang).
Dalam kesempatan itu, Heri menyarankan kepada wargnya yang nantinya sudah mendapat ganti rugi supaya dibelikan tanah kembali. Harapannya uangnya tidak langsung habis. Pilihannya bisa untuk membeli lahan kembali di wilayah Sidodadi. Karena di Desa Sidodadi masih banyak lahan yang sudah di kaplingkan untuk warga. Telah disediakan lahan seluas 5 ribu meter persegi.
Dia juga berharap dengan adanya jalan tol nanti kedepannya dapat memperlancar arus lalu lintas dan mengurai kemacetan. ”Yang beruntung nanti tetap warga Lawang, karena tidak lagi terjebak kemacetan saat liburan seperti yang terjadi selama ini,” ungkap Heri. (Nad/*)

About admin

Check Also

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *