Home / Kanal Daerah / KONTRIBUSI GURU DALAM MEMBANGUN PERADABAN BANGSA

KONTRIBUSI GURU DALAM MEMBANGUN PERADABAN BANGSA

Oleh: Didik Supriyanto, ST., S.Sos., M.Si

Generasi muda adalah kunci untuk kemajuan bangsa. Jadi, bisa disimpulkan seperti apa tingkah laku para kawula muda juga akan berakibat pada negaranya di masa yang akan datang. Ya, pendidikan karakter menempati posisi yang cukup penting dalam hal ini. Sebab berawal dari situlah mental pemimpin akan dibentuk. Maka dari itu sangat perlu penerapan pola asuh yang akurat kepada buah hati.

Mendidik anak sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun langkah formal dengan menyekolahkannya adalah hal yang paling umum. Anak tidak hanya dibekali ilmu agar ia mampu memperjuangkan masa depannya, tapi juga diarahkan untuk bersikap sopan dan sesuai dengan tata krama yang berlaku dilingkungan masyarakat. Peran guru ini setidaknya mengambarkan kerja keras seseorang yang berperan dalam kesuksesan bibit ibu pertiwi ini.

Seorang guru bahkan rela mengesampingkan kepentinganya demi bisa merampungkan tugasnya menjadi abdi negara. Jasanya memang luar biasa, tingginya tanggung jawab moral yang di tanggung guru semakin memacu semangat mengabdi, ia ikhlas mengerahkan waktu dan tenaganya untuk berjumpa dan memberi pengetahuan putra-putrinya di sekolah. Tauladhan guru untuk siswa memang tak ubahnya ayat kauniyah biasa. Tapi pernahkah anda berpikir bahwa ada pesan yang tersirat dibaliknya?. Tentang kesabaran, kegigihan, dan jiwa ulet sehingga mereka bisa dengan gampang bersosialisasi dengan murid-muridnya.
Guru adalah pahlawan dalam perjalanan kehidupan dunia hingga kelak di kampung akhirat.
Selamat hari guru.

(*Ketua Pusat Study Pemikiran Islam Nusantara (PUSPIN), Jawa Timur

About admin

Check Also

PARTAI POLITIK HARUS PERSIAPKAN DIRI HADAPI BONUS DEMOGRAFI

Beritaantara.com,- Malang. Bonus demografi bangsa ini membuat letupan generasi usia produktif yang menyebar di negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *