Home / Kanal Daerah / Peran Guru Terhadap Generasi Millennial

Peran Guru Terhadap Generasi Millennial

Oleh : Rizky Riswanto, SM

Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017 kepada semua guru, dosen, ustadz/ustadzah, pemuka agama, pelatih, dan seluruh pendidik anak bangsa. Semoga guru Indonesia semakin profesional dan hebat dalam mendidik generasi milenial Indonesia sebagai penerus pemimpin bangsa. Guru Indonesia sejatinya meningkatkan daya kreativitas dan inovasi, sehingga mampu mendidik generasi millennial yang berkarakter dan berbudi pekerti.

Generasi Y (kelahiran 1977-1998) yang dikenal sebagai millennials yang diambil dari istilah pada buku Strauss dan Howe Millennials rising : The Next Generation. Generasi millenial percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk sukses dan mereka siap untuk menjadi pembelajar seumur hidup ( Mujtaba,2010).

Mereka adalah profil peserta didik era ini. Karakteristik dasar dari generasi ini antara lain yaitu tech savvy, adalah seseorang yang sangat mengerti mengenai teknologi modern, juga group oriented yaitu yang sangat mementingkan pertemanan kelompok, sehingga mempunyai kecenderungan gampang terpengaruh dan juga generasi yang menolak ide atau teori-teori yang menurut mereka sudah outdated, oleh karena itu pendidik harus selalu kreatif dan inovatif untuk mencetak generasi millennial sebagai The Next Leader.(ddk/bbg)

About admin

Check Also

Manfaat Maulid Nabi Muhammad SAW

Beritaantara.Com– Menurut Ketua Pimpinan Daerah gerakan muslim indonesia raya ( PD. GEMIRA) Jawa Timur Didik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *