Home / Fokus / Program JKN-KIS oleh Komisi IX DPR RI dapat apresiasi dari warga kota batu

Program JKN-KIS oleh Komisi IX DPR RI dapat apresiasi dari warga kota batu

Batu,BeritaAntara.com– Guna tingkatkan pemahaman kepada masyarakat Desa Giripurno tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat.

Dimana BPJS Kesehatan Kota Batu merupakan mitra kerja dari Komisi IX DPR RI dalam sosialisasi Program JKN-KIS ini, yang berlangsung di Balai Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Sabtu (8/6).
Dengan dihadiri ratusan peserta, Anggota Komisi IX DPR RI, Kris Dayanti sampaikan bahwa Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memiliki manfaat yang sangat besar bagi masyarakat luas, khususnya bagi warga masyarakat Kota Batu yang sedang sakit.
Menurut Kris Dayanti yang juga Diva Pop Indonesia ini, karena menurutnya bahwa BPJS Kesehatan merupakan salah satu program Pemerintah untuk membantu masyarakat dalam hak jaminan kesehatan.

“Dimana BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan merupakan bagian dari sistem jaminan sosial yang bertujuan memberikan perlindungan kesehatan pada masyarakat. Jadi ini adalah usaha bersama kita semua untuk menjadikan masyarakat kota Batu sehat semuanya,” kata KD sapaan akrab Kris Dayanti.
Kris Dayanti pun mengungkapkan dirinya sudah keliling ke masyarakat di Malang Raya menemui konsituennya untuk sosialisasi dengan menggandeng mitra kerjanya di Komisi IX DPR RI.


“Ketika saya turun banyak masyarakat yang menanyakan tentang BPJS, maka dari itu saya menggandeng BPJS kesehatan untuk langsung berjumpa dengan masyarakat seperti kegiatan sosialisasi ini,” ungkap sang Diva
Lebih lanjut “semoga apa yang saya lakukan dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat, semoga masyarakat kita selalu dalam keadaan sehat,” harap KD

Sementara itu Koordinator Frontliner BPJS Cabang Malang, Putri Ayuningtyas dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan terus meningkatkan mutu layanan melalui optimalisasi inovasi dan sistem digitalisasi layanan dengan Mudah, Cepat dan Setara.
Seperti ada aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini sangat mempermudah masyarakat baik yang sudah menjadi peserta JKN-KIS maupun yang belum terdaftar. Dalam aplikasi Mobile JKN terdapat berbagai macam kemudahan.
Yaitu kemudahan membayar dan mengubah data peserta, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, dan kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.


“Pengguna Mobile JKN juga dapat mengecek lokasi jaringan fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan serta lokasi kantor BPJS Kesehatan yang berbasis GPS.” terangnya.
Masyarakat yang akan mendaftarkan diri dan anggota keluarganya juga tidak perlu repot lagi untuk ke kantor BPJS Kesehatan, cukup men-download aplikasi ini sudah bisa melakukan pendaftaran Program JKN-KIS.
“Jaminan Kesehatan Nasional JKN bertujuan untuk melindungi seluruh penduduk Indonesia dalam sistem jaminan, sehingga pemerintah dapat memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak dan baik,” pungkasnya

Kepala PPS BPJS Kesehatan Cabang Utama Malang Roy Winandra Putra mengatakan, program JKN ini didesain dengan sistem gotong royong atau berbagi sesama. Apabila ada satu orang yang sakit dan membutuhkan pelayanan cuci darah delapan kali sebulan, tentu membutuhkan biaya yang sangat mahal
Masyarakat yang akan mendaftarkan diri dan anggota keluarganya juga tidak perlu repot lagi untuk ke kantor BPJS Kesehatan, cukup men-download aplikasi ini sudah bisa melakukan pendaftaran Program JKN-KIS.
“Jaminan Kesehatan Nasional JKN bertujuan untuk melindungi seluruh penduduk Indonesia dalam sistem jaminan, sehingga pemerintah dapat memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak dan baik,”pungkasnya.
(Yan/Putra)

About Nadya Admin

Check Also

LP2BN Gelar kirap Tumpeng Agung Dengan Tema “Wiring Kuning Jumedhul Ing Wetan”

Malang,BeritaAntara.com- LP2BN Gelar Kirab Tumpeng Agung Nusantara Gotong Royong ke-13 Tahun 2024 Wiring Kuning Jumedul …