Home / Ekonomi / Kementan Tak Keluarkan Rekomendasi Impor Beras Tahun Ini

Kementan Tak Keluarkan Rekomendasi Impor Beras Tahun Ini

zzzJakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) tidak mengeluarkan rekomendasi untuk izin impor beras pada 2016. Rekomendasi terakhir dikeluarkan adalah pada 2015, untuk menghadapi ancaman penurunan produksi.

“Kementan tidak mengeluarkan izin rekomendasi impor beras,” ungkap Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Rabu (19/10/2016).

Terkait dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), Amran mengungkapkan, adanya perbedaan pemahaman. Data BPS mencatat selama Januari-September 2016, beras impor masuk sebesar 1,14 juta ton atau senilai US$ 472,5 juta. Menurut Amran, itu adalah jenis beras khusus.

Beras khusus, misalnya memiliki kualitas yang sangat tinggi untuk keperluan hotel dan restoran, rumah sakit, dan sebagainya. Harga jualnya pun bisa berbeda dengan beras yang dibeli masyarakat umum.

“Kalau data BPS itu adalah beras khusus,” terangnya.

Kementan terus berupaya menjaga produksi padi agar mencukupi kebutuhan masyarakat secara keseluruhan. Sehingga harga bisa tetap stabil dan tidak perlu mengambil langkah impor.

Strateginya adalah dengan memanfaatkan lahan tadah hujan dengan mengembangkan embung, long storage, dam parit, dan sumur dangkal dapat meningkatkan luas tambah tanam Oktober 2015-September 2016 hingga 1,2 juta ha. Dengan capaian ini diprediksi tidak akan ada paceklik tahun ini dan seterusnya.

 

sumber: detik.com

About admin

Check Also

INTEGRITAS PARTAI POLITIK KEMBALI DI UJI

Malang,- Banyaknya kepala daerah yang terlibat korupsi mencerminkan kegagalan partai politik dalam melakukan kaderisasi pemimpin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *