Home / Nasional / 2 Tahun Jokowi-JK, Sejauh Mana Realisasi Nawacita?

2 Tahun Jokowi-JK, Sejauh Mana Realisasi Nawacita?

zzzJakarta – Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mencanangkan 9 program prioritas bertajuk Nawacita. Kesembilan program itu adalah janji mereka pada saat kampanye di tahun 2014.

Kini pemerintahan Jokowi-JK genap berusia 2 tahun sejak dilantik pada 20 Oktober 2014. Ada banyak dinamika mulai dari politik, hukum, sosial, budaya, ekonomi, pertahanan, dan keamanan selama mereka memimpin.

Sejumlah hal menonjol yang merupakan prestasi hingga kekurangan pemerintahan Jokowi-JK dalam 2 tahun ini pada Kamis (20/10/2016). Semua hal itu dielaborasikan dalam poin-poin di Nawacita.

Beberapa hal itu di antaranya mengenai perlindungan WNI, kebijakan internasional, peningkatan kesejahteraan, Pilkada serentak, hingga perombakan kabinet dan permasalahan hukum. Ada pula tanggapan dari legislatif selaku mitra kerja dari pemerintah.

Berikut merupakan poin dari Nawacita:

1. Kami akan menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara.
2. Kami akan membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.
3. Kami akan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
4. Kami akan menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya.
5. Kami akan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.
6. Kami akan meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional.
7. Kami akan mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
8. Kami akan melakukan revolusi karakter bangsa.
9. Kami akan memperteguh ke-bhineka-an dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

 

sumber: detik.com

About admin

Check Also

INTEGRITAS PARTAI POLITIK KEMBALI DI UJI

Malang,- Banyaknya kepala daerah yang terlibat korupsi mencerminkan kegagalan partai politik dalam melakukan kaderisasi pemimpin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *