Home / Pendidikan / SMK Muhammadiyah 3 Singosari Di Tunjuk Mendikbud RI menjadi Sekolah CoE

SMK Muhammadiyah 3 Singosari Di Tunjuk Mendikbud RI menjadi Sekolah CoE

Malang, BeritaAntara.com | Suatu kebanggan dan prestasi bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 3 Singosari, Kabupaten Malang. Sejak Januari 2021, pasalnya sekolah ini terpilih sebagai salah satu sekolah Center of Excellence (CoE).

 

Dengan ditunjuknya menjadi sekolah COE, SMK Mugas merupakan satu-satunya sekolah di Kabupaten Malang yang mendapatkan CoE bidang hospitality dari Dirjen Vokasi Kemendikbud RI.

 

Program CoE tersebut merupakan program dari Direktorat Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan yang diluncurkan (launching) pada bulan Juli 2020 lalu. Ini merupakan suatu upaya menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Kejuruan.

Tak lain dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Sebab, salah satu amanatnya adalah perlunya revitalisasi SMK secara komperhensif untuk menghasilkan siswa siswi lulusan SMK yang berdaya saing dan siap menghadapi tantangan dan dinamika perkembangan nasional maupun global.

 

Kepala sekolah SMK Muhammadiyah 3 Singosari Dra. Titin Rahayu, MM dalam rilisnya mengatakan, saat ini SMK Mugas berupaya melakukan penyerapan dan pelatihan tenaga kerja yang sesuai dengan harapan dan standar IDUKA serta membentuk kelas wirausaha.

 

“Dimulai dari proses input siswa yang melalui berbagai tahap seleksi minat dan bakat. Lalu aspek impact dimana dalam proses belajar mengajar siswa disiapkan dengan kurikulum berbasis industri serta membiasakan budaya kerja di kegiatan sehari-hari,” ujar Titin kepada awak media.

Menurutnya, dalam program CoE yang ingin dicapai adalah adanya goal atau tujuan pencapaian pendidikan vokasi, yakni keterserapan lulusan ke Dunia Usaha, Dunia Kerja, Dunia Industri dengan membentuk lulusan yang punya Soft Skill dan adaptasi dengan dunia kerja.

 

“Harapannya adalah aspek outputnya alumni terserap secara penuh di Iduka baik linier maupun tidak atau Siswa maupun siswi dapat membuka peluang Usaha dan mengembangkan kemampuan bisnis mereka dan bisa membuka lapangan pekerjaan, jika sudah lulus nanti” sambungnya.

 

Dengan demikian, dalam moment peresmian kemarin, SMK Mugas yang terletak di Jl. Ken Arok no. 9 Pagentan Singosari ini juga sudah mulai membuka gelombang Indent pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2021-2022.

Berbagai strategi pelaksanaan PPDB dilakukan salah satunya adalah dengan pelayanan Deliveri formulir pendaftaran dan daftar ulang ke rumah calon peserta didik baru.(Nadya | Putra)

About nadya

Check Also

JAMAN NOW SAATNYA KITA MIGRASI KE BISNIS ONLINE

BERITAANTARA.COM, -MALANG, Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak kemudahan yang didapatkan. Wakil sekretaris Himpunan Pengusaha Nahdliyin …