Home / Nasional / Pemkab Malang Kerahkan Alat Berat di Lokasi Longsor Yang Menghubungkan Dua Kabupaten

Pemkab Malang Kerahkan Alat Berat di Lokasi Longsor Yang Menghubungkan Dua Kabupaten

Malang, BeritaAntara.com |Memantau langsung jalannya proses evakuasi dan upaya penanganan, usai terjadi nya bencana longsor pada Selasa Malam (2/2/2021) kemarin. Bupati Malang bpk H M Sanusi MM bersama beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meninjau langsung tempat terjadinya bencana longsor yang berada di Desa Jombok, Kecamatan Pujon, kabupaten Malang tepatnya Jalan Raya yang hubungkan kabupaten Malang – dengan kabupaten Kediri.

Agar jalan raya bisa segera di gunakan kembali oleh masyarakat baik yang mau menuju ke malang Maupun sebaiknya pasca terjadi nya bencana longsor. Pemkab Malang melalui Dinas terkait mengerahkan tiga alat berat eskavator untuk membersihkan material timbunan tanah longsor yang menutup total ruas jalan raya tersebut.

“Baru saja kita lihat secara langsung jalannya proses membersihkan material tanah yang longsor di lokasi dengan menggunakan alat berat milik Pemkab Malang,” urainya Saat di temui awak media Sanusi di lokasi longsor

Pemkab Malang sifatnya membantu Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam penanganan pasca bencana ini, karena posisi longsor dekat dan terjangkau mobilitas alat berat dari Pemkab Malang.

“Upaya gerak cepat dan medan yang mendukung untuk menuju ke lokasi bencana, memberi ruang tepat penanganan efakuasi oleh Pemkab Malang serta berharap hari ini sudah selesai agar jalan bisa kembali difungsikan dengan normal,” tambah Sanusi, saat meninjau lokasi longsor.

Alat berat tetap di siagakan di sekitar lokasi, untuk menjaga dan meng antisipasi ada nya longsor susulan dengan pertimbangan struktur tanah di sekitar lokasi serta cuaca yang menunjukkan tanda – tanda hujan masih akan mengguyur kawasan Malang Raya dan sekitarnya.

“Sepertinya masih ada potensi longsor susulan jika melihat cuaca dan struktur tanah yang curam,maka alat berat milik Pemkab nantinya akan tetap stand by di Pujon,” tegas Bupati Malang di lokasi.

Perlunya menggalakkan program penghijauan sebagai salah satu cara menanggulangi kemungkinan terjadinya bencana agar tidak sampai terjadi longsor. “Ke depan kita harus menggiatkan penghijauan penanaman pohon agar supaya kejadian seperti ini dapat di minimalisir,” jelas Abah Sanusi.

Saat ini yang jadi prioritas segera di lakukan pemberisihan longsoran tanah yang menutupi jalan raya, sedangkan bagi korban yang terdampak akan diberikan bantuan melalui Dinas Sosial.
“Saya telah memerintahkan Dinas Sosial dan BPBD segera memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana ini, seperti warga di Pujon,” tutup Sanusi. (Putra _ Nadya)

About nadya

Check Also

DESA SENGONAGUNG LAKUKAN SOSIALISASI TAHAP II PTSL

Pasuruan, BeritaAntara.com | Demi kenyamanan dan keamanan dalam melaksanakan kepengurusan sertifikat tanah yang berada di …