Home / Kanal Daerah / NGUBERJEK, YOUR EVERY DAY PRIVATE OJEK

NGUBERJEK, YOUR EVERY DAY PRIVATE OJEK

 

nguber jek
DIDIK SUPRIYANTO, ST.,S.Sos.,M.Si Pimpinan cabang NGUBERJEK Malang Raya

Saat ini kita hidup di zaman yang serba mengandalkan teknologi, semua itu tidak bisa kita pungkiri juga adalah efek dari pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini. Hampir semua hal bisa dilakukan dengan mobile, mulai dari mengirim uang, memesan makanan, hingga urusan transportasi. Pada awal tahun 2015 mulai marak adanya ojek online, dikutip dari Choirina (2015) visi ojek online itu sendiri adalah: “Membantu memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di Indonesia kedepannya.”. Berangkat dari visi tersebut, lahirlah beberapa layanan ojek online, diantaranya adalah: GO-JEK, Grab, Uber, dan ngUBERJEK.

NgUBERJEK sendiri merupakan layanan transportasi online berbasis aplikasi yang saat ini terdiri dari ojek, car dan taxi. NgUBERJEK didirikan pada tanggal 15 Mei 2016 oleh anggota Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE), mereka terdiri dari lulusan universitas terkenal di Eropa, Jepang, dan Amerika. Saat ini ngUBERJEK tidak hanya beroperasi di kota-kota besar saja seperti kebanyakan ojek online yang lain, tapi merambah ke daerah-daerah pinggiran Jawa Barat dan Jawa Tengah, tidak hanya satu atau dua daerah saja, melainkan sampai 30 kabupaten dan kota, yaitu: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cilegon, Serang, Karawang, Bandung, Subang, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Kebumen, Purworejo, Magelang, Salatiga, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Brebes, dan Cirebon.

okr

Dari segi jangkauan ngUBERJEK sudah bisa dikatakan lebih unggul jika dibandingkan dengan layanan ojek online yang lain, namun kelebihan ngUBERJEK tidak sampai disitu saja, kelebihan ngUBERJEK yang lainnya terdapat juga dalam aplikasi. NgUBERJEK mengusung fitur selfie order, jika mendengar kata selfie order pasti yang muncul di pikiran anda adalah selfie atau self potrait, namun fitur selfie order yang diusung oleh ngUBERJEK bukan selfie tersebut. Selfie order adalah dimana penumpang yang tidak mempunyai handphone atau tidak mempunyai aplikasi ngUBERJEK masih bisa menimakti layanan dari ngUBERJEK dengan menggunakan fitur selfie order. Cara menjalankan fitur ini juga mudah, Diriver hanya perlu memasukan nama dan nomor handphone Penumpang, lalu Driver masukan lokasi awal dan lokasi tujuan, dengan itu saja perjalanan dengan fitur selfie order ini sudah bisa dijalankan. Fitur selanjutnya yang menjadi unggulan ngUBERJEK adalah fitur chat yang sudah tersedia di dalam aplikasi baik aplikasi Driver maupun aplikasi Penumpang, sehingga apabila Driver ingin menghubungi Penumpang atau sebaliknya tidak harus menggunakan pulsa seluler, cukup inovatif bukan? Tidak hanya dengan selfie order dan chat saja, ngUBERJEK mempunyai fitur terbaru yaitu fitur favaorit, fitur favorit tersebut merupakan fitur dimana Penumpang bisa memfavoritkan perjalanannya, sehingga jika Penumpang melakukan perjalan tersebut secara berkala atau katakanlah daily, Penumpang tidak perlu repot-repot mengetik kembali lokasi awal dan lokasi tujuan, cukup dengan menekan fitur favorit maka sistem akan otomatis mencari Driver yang tersedia. Konsep bisnis ngUBERJEK sendiri cukup bisa dibilang menarik dengan mengusung tag line “your every day private ojek” Rider ngUBERJEK tidak mengenakan atribut yang terlalu mencolok, atribut yang digunakan hanya berupa armband atau kat lengan berwarna merah dengan logo ngUBERJEK. Tahap penyeleksian untuk bisa diterima menjadi Driver ngUBERJEK juga cukup mudah dan unik, apabila sudah lulus tes kendaraan maka tes selanjutnya adalah tes bau badan, hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan Penumpang dalam menggunakan layanan ngUBERJEK, tes bau badan seperti yang dilakukan oleh manajemen ngUBERJEK ini sendiri merupakan satu-satunya diantara perusahaan ojek online yang lain dan tidak menutup kemungkinan juga akan ditiru oleh perusahaan ojek online lainnya. Terobosan yang dikeluarkan oleh ngUBERJEK ternyata tidak sampai disitu saja, pihak manajemen ngUBERJEK juga menjanjikan hadiah mulai dari voucher pulsa 100 ribu rupiah setiap minggu, Smartphone android untuk hadiah bulanan, motor Yamaha Mio Z untuk hadiah 6 bulanan, hingga paket Umrah untuk hadiah tahunan, hadiah tersebut dibagikan untuk menambah minat Penumpang menggunakan jasa layanan ngUBERJEK, lalu apakah ojek online yang lain melakukan kebijakan yang sama? Saya rasa tidak, sejauh ini hanya ngUBERJEK yang mempunyai kebijakan unik seperti ini.

Untuk ojek online yang belum berjalan lama, fitur dan jangkauan ngUBERJEK bisa dikatakan lebih dari cukup. Jika ditijau dari konsep bisnis, bisa dikatakan konsep bisnis ngUBERJEK cukup orisinil dan pihak manajemen berani mengambil gebrakan baru yang pastinya akan membuat perusahaan ojek online yang lain tidak memandang sebelah mata ngUBERJEK sebagai perusahaan yang belum lama berjalan. Dari segi aplikasi sendiri, sebagai aplikasi buatan anak bangsa sudah cukup mumpuni dan sangat memudahkan. Tidak menutup kemungkinan juga apabila nantinya ngUBERJEK akan mengembangkan layanan dan fitur yang lebih baik serta jangkauan yang lebih luas hingga mencakup seluruh Indonesia.

Editor : Ayu dita

 

About admin

Check Also

PARTAI POLITIK HARUS PERSIAPKAN DIRI HADAPI BONUS DEMOGRAFI

Beritaantara.com,- Malang. Bonus demografi bangsa ini membuat letupan generasi usia produktif yang menyebar di negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *