Home / Fokus / MARI VAKSIN UNTUK LAWAN VIRUS CORONA : VAKSINASI OLEH STIKES KEPANJEN KABUPATEN MALANG 

MARI VAKSIN UNTUK LAWAN VIRUS CORONA : VAKSINASI OLEH STIKES KEPANJEN KABUPATEN MALANG 

Malang, BeritaAntara.com | Bermula dari negara tetangga yaitu di kota Wuhan tepatnya di Tiongkok, virus jenis baru ini dengan sangat cepat telah menyebar ke berbagai belahan negara di seluruh dunia yang menyebabkan timbulnya penyakit coronavirus disease 2019 atau yang sering kita sebut dengan virus COVID-19.

Tentunya, dengan penyebaranannya yang sangat cepat dan juga kondisi seperti saat ini tidak boleh dianggap remeh oleh semua elemen masyarakat dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. World Health Organization (WHO) pun juga sudah menetapkan pandemi COVID-19 sejak 11 Maret 2020 yang lalu. Pandemi COVID-19 masih tetap melandan seluruh dunia dan masih terjadi sampai dengan saat ini, pandemi COVID-19 dalam beberapa bulan terakhir kasus yang tetpapar atau terkonfirm positiv Covid 19 mengalami kenaikan angka lonjakan yang sangat siknifikan.

Dalam rangka untuk menekan angka kenaikan kasus penderita yang terkonfirm Covid 19 tersebut pemerintah pusat dan di bantu oleh para pemerintah di seluruh indonesia khususnya pemerintah kabupaten malang menggalakkan program vaksinasi guna untuk mensukseskan program vaksinasi yang di anjurkan oleh pemerintah.

Vaksinasi merupakan pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun di dalam tubuh. Vaksinasi merupakan proses sebagai upaya pencegahan primer yang di rasa salah satu cara pencegahan yang sangat handal untuk mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi.

Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung di hampir seluruh indonesia saat ini. Vaksin terbuat dari mikroba penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau mati, atau agen yang mengandung racun atau protein tertentu. Program vaksinasi salah satu upaya untuk percepatan untuk mencapai kekebalan kelompok (Herd Immunity).

Dinas Kesehatan Kabupaten Malang memiliki target program vaksinasi sampai dengan bulan desember 2021. Dibawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang,salah satunya adalah STIKes Kepanjen yang ikut serta berperan aktif dalam upaya percepatan untuk mencapai kekebalan kelompok (Herd Immunity).

STIKes Kepanjen selama bulan Agustus 2021 telah melakukan bekerjasama dengan POLRES Kabupaten Malang dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi tersebut. STIKes Kepanjen menerjunkan secara langsung beberapa mahasiswa serta Dosen Keperawatan yang memiliki STR untuk serta bergabung dalam kegiatan relawan COVID-19 bersama dengan POLRES Kabupaten Malang.

Beberapa kegiatan vaksin telah dilaksanakan diberbagai titik yang sudah di tentukan seperti kegiatan vaksin masal tang di gekar di lapangan POLRES Kabupaten Malang dengan menargetkan 250 orang, di Bukit Lawang Indah Petik Madu Kecamatan Lawang Kelurahan Kalirejo dengan target 850 orang, dan di Turen yang terbagi pada 2 titik lokasi di SMAN 1 Turen dan SMK WD Turen dengan total target 4148 yang terbagi menjadi 4 zona dengan masing-masing zona target sasaran kurang lebih 1000 orang. STIKes Kepanjen dalam program vaksinasi dosen bertindak sebagai vaksinator yang sebelum kegiatan tersebut seluruh dosen telah melaksanakan pelatihan dan pembekalan terlebih dahulu di Gedung Santik POLRES Kabupaten Malang dan beberapa mahasiswa yang diterjunkan dalam kegiatan tersebut terbagi dalam beberapa jobdest sesuai dengan alur SOP vaksinasi seperti tim pendafataran, tim screening, inputing data, dan juga observasi. Mahasiswa yang bertugas bertindak sebagai tim screening membantu ketika dokter melakukan screening pada target sasaran yang akan mendapatkan vaksinasi.

“Kegiatan vaksinasi menjadi relawan vaksinasi ini merupakan hal baik untuk membantu dalam menekan angka kejadian COVID-19 serta Kami berharap sumbangsih dari mahasiswa serta dosen ini dalam kegiatan program vaksinasi dapat membantu tenaga Kesehatan dalam menjalankan tugas dan sekaligus pengabdian masyarakat kepada warga kabupaten malang” ucap salah satu dosen yang menjadi tim relawan COVID-19 STIKes Kepanjen. (Putra – Adi)

About admin

Check Also

Polsek Lawang Bersinergi Bersama Denpom 2 kostrad Serta beberapa Komunitas lawang Peduli Gunung Semeru

Malang,BeritaAntara.com | Polsek Lawang bersinergi bersama para Tokoh Masyarakat,tokoh Agama,dan Denpom Divif-2 Kostrad serta beberapa …