Home / Kanal Daerah / Lumajang Segera Kembangkan Wisata Kawasan Semeru

Lumajang Segera Kembangkan Wisata Kawasan Semeru

zzzLumajang  – Dalam pengembangan dunia kepariwistaaan Lumajang sangat penting untuk mengedepankan untuk masyarakat. Selain itu, dengan Lumajang memiliki Gunung Semeru serta keindahan dalam dan kebudayaan akan mampu mendatangkan wisatawan.

Hal ini disampaikan oleh, Dr. Ir. Tjok Oka Arta Ardahan Sukawati Dewan Pariwisata Bali yang juga Raja Ubud di Sarasehan Pengembangan Pariwisata Kabupaten Lumajang di Pedopo, Sabtu(1/10/2016). Dalam acara itu sebagai pembicara lainya, Bupati As’at, Wabup Buntaran dan Sekda Masudi.

“Lumajang harus tahu apa yang mau dikembangkan dipariwisataya, jangan ikut-ikutan daerah lain. Tetapi pengembangan wisata yang sudah dimiliki seperti kawasan Kaki Gunung Semeru,” jelas Tjok yang juga penasehat Kementerian Pariwisata itu.

Lanjut dia, bila sudah masuk investor dalam pengembangan wisata di Lumajang, maka akan mengeser kelompok ekonomi masyarakat yang mau ikut terlibat dalam kepariwisataan. Sehingga, apa yang terjadi di Bali tidak juga terjadi di Lumajang.

“Sekarang ini, di Bali banyak berdiri hotel, sehingga mengusur home stay, kasihan khan masyarakat yang memiliki kebudayaan harus kehilangan perekonomian karena perang harga,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Lumajang, As’at Malik mengatakan pihaknya dalam pengembangan pariwisata berharap ada keterlibatan masyarakat. Apalagi, dengan dibentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) diharapan ada keterlibatan masyarakat.

“Kami berharap masyarakat ikut terlibat dan dinas terkait iku mendorong, karena pembangunan di Lumajang ikut meningkatkan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Bupati mengaku sangat serius dalam pengembangan wisata di kawasan Semeru, lantaran banyak wisatawan yang datang tahunya milik Malang. Sehingga, perlu ada kerja keras untuk menjadikan Semeru miliki Lumajang sebenarnya.

“Ini juga menjadi PR kita semua, karena wisata Lumajang harus menjadi pengembangan pembangunan daerah untuk rakyat,” pungkasnya

 

sumber: beritajatim

About admin

Check Also

NASDEM KOTA MALANG PANASI MESIN PARTAI

Malang- Sekretaris DPD Partai NASDEM Kota Malang DR.BAMBANG SURYANTO telah siap memanasi mesin partainya untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *