Home / Fokus / Gubernur Jatim Resmikan SPAM Di Dusun Sumbul Klampok Malang

Gubernur Jatim Resmikan SPAM Di Dusun Sumbul Klampok Malang

Malang,BeritaAntara.com – Untuk memenuhi kebutuhan air minum bersih masyarakat desa terpencil, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Jatim, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Malang dan Muspika Kecamatan Singosari meresmikan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) bantuan Pemerintah Provinsi Jatim di Dusun Sumbul Desa Klampok Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

 

Menurut Gubernur Khofifah, pembangunan Spam yang sumbernya berada di Gunung Biru nantinya airnya dialirkan menuju Dusun Sumbul Klampok ini akan memberikan sumber kehidupan dan harapan baru menuju kesejahteraan.

 

“Saya ucapkan terima kasih pada Kepala Desa Klampok, Camat Singosari dan Perhutani, mudah mudahan sumber kehidupan ini akan memberikan harapan barubagi masyarakat Desa Klampok tambah hari tambah bahagia, dan sejahtera serta memberikan harapan baru bagi kebaikan kita semua,” ucap Gubernur Jatim usai peresmian pembangunan SPAM di Dusun Sumbul Desa Klampok, Sabtu (27/01/2024).

 

Khofifah mejelaskan, dengan diluncurkan pembangunan SPAM Singosari ini, kedepannya akan menjadi referensi kehidupan yang terus membaik dan keberkahan bagi warga Desa Klampok ini.

 

“Atas nama kita semua, maka kita meluncurkan SPAM Singosari pada hari ini (27/01) mudah mudahan akan menjadi referensi kehidupan yang terus membaik, memberikan kemanfaatan dan keberkahan bagi kita semua,” jelas Gubernur Jatim ini.

 

Khofifah mengucapkan terima kasih pada jajaran Pemprov Jatim atas tercapainya dan dimulainya pembangunan SPAM Singosari.

 

“Terima kasih, bahwa ada proses yang harus dilakukan melalui beberapa kecamatan dan beberapa desa, terima kasih tiga kecamatan, terima pada Kepala Dinas Perhutani karena Gunung Biru berada di Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo di Bumiaji Kota Batu yang menjadi penguat dari proses mengalirnya air sampai ke Desa Klampok Singosari ini,” ucap Gubernur Jatim.

 

Gubernur Jatim menceritakan, beberapa waktu lalu pihaknya menamburkan benih sebanyak 1,5 ton benih bibit tanaman yang sebagain besar bibit tanaman sengon melalui udara di Kawasan Tahura Soerjo.

 

“Dua hari lalu kami menaburkan benih melalui udara karena sulit dijangkau melalui jalan darat di wilayah kawasan Tahura Soerjo sebanyak 1,5 ton bibit tanaman dari beberapa jenis, namun dititik tertentu kami turunkan bibit sengon, kernitu, trembesi, durian yang jumlahnya 13 jenis tanaman tapi sebagian besar bibit sengon,” beber Khofifah.

 

 

Sementara itu, Bupati Malang yang diwakili Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah mengapresiasi yang luar biasa atas dibangunnya SPAM di Dusun Sumbul Klampok Singosari ini yang merupakan dusun terluar dan berbatasan dengan Kota Batu.

 

“Ini memang agak luar biasa soal keberadaan air di dusun ini, karena setiap musim kemarau kami dari Pemkab Malang harus menyuplai air bersih melalui kendaraan tangki air yang kami miliki, dan itulah kesulitan air di dusun ini, oleh karena itu kami ucapkan terima kasih Pemprov Jatim dan Ibu Gubernur,” kata Pj Sekda Nurman.

 

Pj Sekda Malang menyampaikan terima kasih pada Gubernur dan Pejabat Pemprov Jatim yang ikut berbagi dengan memberikan sembako gratis pada warga Dusun Sumbul ini.

 

“Terima kasih Ibu Gubernur, yang tadi memberikan santunan dan membagikan sembako gratis pada warga kami (Dusun Sumbul) ini,” tandas Nurman Ramdansyah.

 

Pada pembangunan SPAM di Dusun Sumbul ini memakai anggaran dari Pemprov Jatim tahun 2024 ini s besar kurang lebih 15 M, dan pengajuan SPAM ini dilakukan pada 2021 baru disetujui dan lldilaksanakan pembangunannya pada tahun 2024 ini.

(Nadya | Yan/Putra)

About Nadya Admin

Check Also

Hawai Group Hadirkan Hutan Menyala Pertama di Jawa Timur Berkolaborasi Dengan Harry Rasio

Malang,BeritaAntara.com– Hawai Group Malang hanya selangkah lagi untuk menyambut Grand Launching wahana terbarunya, ‘The Lost …