Home / Pendidikan / PMM-UMM KELOMPOK 26 AJARKAN PEMBUATAN HANDSANITIZER ALAMI

PMM-UMM KELOMPOK 26 AJARKAN PEMBUATAN HANDSANITIZER ALAMI

BeritaAntara.com – Malang : Tak berhenti dengan hanya memberikan Edukasi cuci tangan kepada adik-adik TPQ, mahasiswa kelompok 26 melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat-Mahasiswa (PMM) dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

 

Para mahasiswa memberikan pelatihan dan tatacara pembuatan hand sanitizer alami kepada kelompok Dasa wisma Rt.2 Dusun Sempu, Hand sanitizer ini hanya terbuat dari 3 bahan yang sangat mudah ditemui disekitar kita, yaitu daun sirih, jeruk nipis dan air. Pemberian edukasi ini bertujuan untuk membantu ibu rumah tangga dalam memanfaatkan salah satu tanaman obat keluarga (TOGA) serta membantu untuk membuat hand sanitizer secara mandiri oleh masyarakat d tengah pandemi Covid-19

 

Hand sanitizer alami banyak memiliki keuntungan, antara lain: menjadi alternatif untuk orang yang memiliki alergi atau sensitif terhadap bahan kimia, bahan sangat mudah didapat; modal yang sedikit/murah dan tak perlu waktu yang banyak dalam proses pembuatannya.

 

Pemilihan daun sirih sebagai bahan utama dalam hand sanitizer alami karena daun sirih memiliki kandungan sebagai antiseptik yang dapat menetralisir dan membunuh berbagai kuman penyakit.

 

 

Kandungan 15% ekstrak daun sirih setara dengan alkohol 70%, air jeruk nipis memiliki fungsi sebagai pengawet alami yang tinggi akan antioksidan.

 

“Daun sirih itu mudah teroksidasi, tandanya seperti menghitamnya daun yang sudah di potong kecil-kecil, salah satu cara untuk memperlambat proses oksidasi tersebut, kami menambahkan air jeruk nipis sebagai pengawetnya” ujar Melisa salah satu anggota kelompok 26 PMM-UMM.

 

Namun, hand sanitizer alami ini tidak dapat bertahan lebih dari 2 minggu itu bisa terlihat tanda-tanda seperti, Perubahan warna yang lebih pekat pada cairan, timbulnya aroma tidak sedap dan adanya endapan yang berwarna lebih gelap daripada cairan yang dibagian atas.

 

 

Pembuatan hand sanitizer ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 29 Agustus 2020 pukul 19.00 WIB di salah satu rumah anggota dasawisma RT.2 dusun sempu, tepatnya di rumah Bu Anis (Ibu Kepala Dusun Sempu). Kegiatan ini merupakan kegiatan mingguan yang mereka lakukan dan dihadiri 15 anggota dasawisma RT.2 Dusun Sempu.

 

pembuatan hand sanitizer alami yang dilakukan oleh mahasiswa PMM kelompok 26 yang dibawah bimbingan bapak Iqbal Ramadhani Fadiputra, SE., M.SM. berjalan dengan lancar dan mendapat respon yang sangat baik da positif dari ibu-ibu dasawisma,

 

“Dengan dilakukan pelatihan ini diharapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan daun sirih yang mudah ditemukan disekitar dan menambah informasi masyarakat sehingga dapat membuat hand sanitizer yang bisa digunakan pribadi” ujar Ramadhani Fadiputra, SE., M.SM.

Pembagian paket Safety Care Kit ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dusun sempu, agar selalu menjaga kesehatan di masa pandemi covid 19 saat ini,terlebih pada saat ingin bepergian keluar rumah agar selalu memakai masker dan membawa hansanitaizer sendiri. (Nadya)

About admin

Check Also

STISOSPOL WASKITA DHARMA MALANG GELAR WISUDA DRIVE THRU

BERITAANTARA.COM, MALANG , Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISOSPOL) Waskita Dharma Malang menggelar …