Home / Ekonomi / Hadiri Grebeg Tirto Aji, Rendra Minta SKPD Terus Promosikan Branding Kab Malang 

Hadiri Grebeg Tirto Aji, Rendra Minta SKPD Terus Promosikan Branding Kab Malang 

rk
Bupati Malang, DR.Rendra Kresna, di acara Grebeg Tirto aji Wendit

Malang – Grebeg Tirto Aji yang digelar Masyarakat Suku Tengger tepatnya di Taman Air Wendit, Mangliawan Pakis, Kabupaten Malang, Minggu (23/4) dihadiri Bupati Malang Dr.H Rendra Kresna, yang didampingi Sekda Kabupaten Malang, Abdul Malik, Kadisbudpar Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara, dan beberapa Kepala SKPD, serta Muspika Kecamatan Pakis, Kepala suku Tengger dan ratusan para peserta Grebek Tengger Tirtoaji.

Upacara yang di gelar ini, sebagai bentuk permohonan keselamatan, juga agar diberikannya rezeki yang melimpah.

Selain itu, Upacara Grebeg Tirto Aji yang dilaksanakan masyarakat Suku Tengger tersebut, bertujuan mempererat dan memupuk rasa tali persaudaraan di antara pemeluk agama Hindu agar adat Suku Tengger terus di lestarikan.

Di sisi lain, Upacara adat yang dilakukan suku Tengger di taman air wandit ini, menurut pemahaman dan keyakinan Suku Tengger, memiliki banyak makna antara lain, sumber mata air wendit dapat membawa berkah dan manfaat untuk bercocok tanam juga membawa manfaat dalam kehidupan masyarakat, serta bermanfaat untuk penyembuhan dan penanggulangan hama hingga penyubur tanaman.

Dr.H Rendra Kresna dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang digelar tersebut adalah acara tahunan suku Tengger, yakni Grebeg Tengger Tirtoaji yang di adakan oleh Disbudpar Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Malang sangat mengapresiasi kegiatan tahunan Grebek Tengger Tirtoaji itu, karena selain mempertahankan budaya asli daerah, juga berdampak bagi kemajuan pariwisata Kabupaten Malang.

“Kegiatan seperti ini perlu terus di dukung oleh pemerintah daerah khususnya kepala SKPD, untuk terus mempromosikan branding Kabupaten Malang,The Heart Of East Java,” ungkap Rendra.

Karena kegiatan ini lanjut dia, selain memberikan penggabdian tertinggi kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga secara sosial dapat berdampak kepada masyarakat untuk hidup guyub rukun antar sesama, khususnya bagi warga Tengger.

“Saya pribadi dan mewakili pemerintah Kabupaten Malang mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggarakanya Grebeg Tengger Tirtoaji ini,”ucap Rendra.

Di tempat yang sama, Kadisbudpar Kab Malang menjelaskan, Maksud dan tujuan di selenggarakanya Grebeg Tengger Tirtoaji sendiri adalah untuk mengeksplorisasikan pariwisata di kab Malang Khususnya wisata Budaya.

Selain itu kata Made, kegiatan ini juga untuk meningkatkan citra kepariwisataan di Kab Malang dengan Kekayaan potensi Budayanya serta untuk terus mempromosikan branding Kab Malang The Heart Of East Java.

Di tempat yang , Didik supriyanto,  Sekretaris Himpunan Pengusaha Nahdlatul Ulama ( HPN ) Malang Raya, menyambut baik agenda Pemkab ini. untuk mengolah destinasi wisata yang profesional.
“Wisata mendit lokasinya sangat strategis dan mempunyai potensi meningkatkan PAD, tinggal pengelolaanya saja yg perlu di maksimalkan”. Pungkas Didik.  (sur)

About admin

Check Also

PARTAI POLITIK HARUS PERSIAPKAN DIRI HADAPI BONUS DEMOGRAFI

Beritaantara.com,- Malang. Bonus demografi bangsa ini membuat letupan generasi usia produktif yang menyebar di negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *