Home / Agama / Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari

Nama: Muhammad Devon Ardi Al-Amin
Jurusan: Ilmu Administrasi Publik
Universitas Islam Malang

Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pancasila sebagai pedoman negara, sehingga segala perilaku di negara ini mengacu pada nilai-nilai pancasila. Indonesia adalah negara majemuk yang terdiri dari berbagai suku, ras, agama dan adat istiadat. Perbedaan tersebut yang membuat indonesia sanagt mudah terjadi konflik dan permasalahan, namun karena adanya pancasila indonesia dapat menjadi satu kesatuan tanpa ada perbedaan.
Pancasila lahir dengan dicetuskannya usulan dasar negara oleh Ir.Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 dan dengan kesepakatan bersama. Pancasila menjadi dasar bagi kemerdekaan Negara Indonesia yang harus di ikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Jika suatu negara tidak mempunyai dasar negara maka negara tersebut akan hancur .

Pancasila sebagai dasar negara mempunyai nilai yang sangat tinggi dan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pertahanan Negara Indonesia. Walaupun Indonesia mempunyai beragam suku bangsa , budaya , ras , agama , dan sebagainya dengan segala perbedaan yang ada  namun dengan adanya Pancasila perbedaan itu akan tetap menyatu.
Pancasila juga memiliki peran penting dalam kehidupan sehari – hari. Baik dalam hal budaya, keyakinan atau agama, hingga bermasyarkat yang tertera pada setiap butir pancasila. Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia kita diwajibkan untuk mengamalkan sila pertama hingga kelima pancasila.

Seperti pada sila pertama, yaitu ketuhanan yang maha esa. Pada sila ini kita mengamalkannya dengan cara tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan kepada orang lain, menjaga kerukunan antar umat beragama, saling menghormati, dan memberi kebebasan dalam menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia yang terumuskan dari proses akulturasi budaya nusantara yang berlangsung berabad-abad. Sebagai dasar negara, Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia dalam berbangsa dan bernegara. Pancasila sebagai suatu sistem filsafat pada hakikatnya adalah suatu sistem pengetahuan. Dalam kehidupan sehari-hari

Pancasila menjadi pedoman atau dasar bagi bangsa Indonesia dalam memandang realitas alam semesta, manusia, masyarakat, bangsa, dan negara tentang makna hidup serta sebagai dasar bagi manusia Indonesia untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam hidup dan kehidupan. Filsafat Pancasila merupakan landasan dalam proses berfikir dan berpengetahuan.

Saat ini banyak kalangan memperbincangkan mengenai generasi millenial Indonesia yang pada umumnya pelajar dan mahasiswa. Namun, studi tentang generasi millenial ini belum menyentu hal-hal yang subtansial. Generasi milennial sendiri dapat diartikan sebuah generasi yang lahir antara tahun 1980-2000 atau generasi muda masa kini berusia antara 15–34 tahun.
Pancasila harus bisa dijadikan pegangan dan prinsip hidup generasi millenial Indonesia dalam menghadapi derasnya kemajuan teknologi modern saat ini. Generasi millenial harus mampu mengamalkan Pancasila, bhineka tunggal ika dan nilai-nilai toleransi bangsa Indonesia agar tetap eksis dan berdiri kokoh.

About adminban

Check Also

KULIAH DI WASKITA DHARMA GRATIS ASRAMA DAN LULUS TEPAT WAKTU

KOTA MALANG – Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisospol) Waskita Dharma Malang membuka …