Home / Olah Raga / MELEHMAHNYA MORAL ETIKA DALAM GENERASI BANGSA

MELEHMAHNYA MORAL ETIKA DALAM GENERASI BANGSA

OPINI : MELEHMAHNYA MORAL ETIKA DALAM GENERASI BANGSA
Oleh : Ervanto Ilham Ramadhani
Fakultas Ilmu Administrasi Negara (FIA), Universitas Islam Malang 2019 (UNISMA)

Moral adalah nilai dari suatu tindakan seseorang. Yang dinilai oleh masyarakat apakah tindakan seseorang itu buruk atau baik di masyarakat. Jika seseorang bertindak buruk kepada orang lain maka dapat dikatakan orang itu moralnya tidak baik. Menurut Dian Ibung moral adalah nilai yang berlaku dalam suatu lingkungan sosial dan yang mengatur tingkah laku seseorang. Maria Assumpta menambahkan bahwa pengertian moral adalah aturan-aturan mengenai sikap dan suatu perilaku manusia yang diukur dari kadar baik dan buruknya sebuah tindakan kepada masyarakat.
Etika merupakan index nilai atau referensi dari standar dan batasan yang mengatur bagaimana manusia bersosialisasi dengan sesama orang lain. Etika adalah aturan yang tidak tertulis yang dimana setiap orang diharapkan untuk memenuhinya. Tindakan ini contohnya di Indonesia seseorang wajib untuk selalu berpakaian rapih dan layak juga tidak menampilkan terlalu banyak anggota tubuh yang terbuka karena dianggap tidak baik. Selain itu menurut James J.Spillance mengemukakan bahwa Etika ialah mempertimbangkan atau memperhatikan tingkah laku manusia dalam mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan moral. Etika lebih mengarah pada penggunaan akal budi manusia dengan objektivitas untuk menentukan benar atau salahnya tingkah laku seseorang yang dinilai oleh orang lain.
Kata generasi muda atau remaja sering digunakan untuk menggambarkan anak-anak yang akan menjelang ke masa dewasa, bagi mereka yang sedang transisi dari anak-anak ke masa dewasa dimana mereka harus memulai bertanggung jawab terhadap tindakan yang ia lakukan. Dalam satu hal yang penting dalam bangsa ini adalah para generasi pemuda dan pemudi yang harus kita perhatikan dan kita bina dengan baik, karena merekalah yang akan meneruskan cita-cita dan perjuangan bangsa ini untuk menjadi lebih baik dan beribawa kedepannya.

Namun di masa globalisai ini moral dan etika pemuda sebagai penerus bangsa sangat memprihatinkan. Pada era yang serba modern saat ini, pengaruh terbesar rusaknya moral dan etika pemuda penerus bangsa ini adalah masuknya pengaruh budaya barat. selain itu pergaulan bebas menjadi salah satu penyebab rusaknya etika dan moral terhadap remaja, selain itu juga penggunaan terhadap teknologi yang salah, seperti pada remaja adalah tertarik akan sesuatu yang telah difikirkanya tanpa memikirkanya terlebih dahulu. Sehingga remaja terkadang lebih condong meniru trend yang akan menjadikanya menjadi hidup konsumtif. Akibat rusaknya moral dan etika menjadikan remaja berperilaku kasar misalnya tawuran, penyimpangan sosial, perusakan barang milik masyarakat, tidak menghormati orang tua, dan kenakalan remaja. Dari hal diatas yang sudah dijelaskan bahwa saat ini kita sebagai generasi penerus bangsa sepatutnya untuk memperdalam apa itu moral dan etika agar menjadikan kehidupan kita kedepanya menjadi lebih baik dan menguntungkan orang lain maupun kepada masyarakat yang berada dilingkungan sekitar kita.

About adminban

Check Also

KEDUDUKAN PANCASILA DAN RADIKALISME AGAMA

Nama : Adib Faizi Jurusan : ilmu administrasi publik Universitas Islam Malang KEDUDUKAN PANCASILA DAN …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *