Home / Pendidikan / kewarganegaraan untuk pembentukan karakter nasionalisme

kewarganegaraan untuk pembentukan karakter nasionalisme

Judul buku : kewarganegaraan bagi mahasiswa untuk pembentukan karakter nasionalisme
Penulis : TGS. Prof. Dr. K.H. Saidurrahman, Dr. H. Arifinsyah, M.Ag
Cetakan : Pertama, September 2018
Penerbit : Kencana
Tebal BUku : XVI, 218 halaman
ISBN : 978-602-422-769-2 (E-book pdf)
peresensi : Ikhwanul ulum mahasiswa prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas Islam Malang

Buku pendidikan kewarganegaraan untuk perguruan tinggi ini berupaya untuk menerapkan konsep kewarganegaraan bagi mahasiswa untuk pembentukan karakter nasionalisme bagi seorang pelajar sebagai generasi intelektual yang meneruskan perjuangan bangsa.
Kewarganegaraan adalah suatu konsep memperlakukan sama dan setara(equality) bagi seluruh warga negara di suatu Negara dengan mengabaikan perbedaan suku, ras, agama, sosial, jenis kelamin, golongan, dan pandangan politik.
Pada bab pertama buku ini menjelaskan pengertian dan objek pembahasan pendidikan kewarganaan secara rinci bagaimana pendidikan kewarganegaraan sangat dibutuhkan dalam kehidupan bernegara.
Dilanjutkan pada bab kedua menampilkan judul “Pancasila Zaman Berzaman” sebagaimana bahwa pancasila yang merupakan pokok penting pendidikan kewargangeraan yang dari sejarah lahirnya pancasila hingga perubahan-perubahan yang terjadi pada pancasila sampai disahkannnya pancasila hingga sekarang.
Pada bab keempat penulis memaparkan judul “Demokrasi Indonesia” yaitu berisi penjelasan dan informasi yang terkait bagaimana demokrasi di Indonesia. Bab kelima yaitu hak dan kewajiban warga negara yang berartikan bahawa warga negara merupakan anggota negara yang mempunyai kedudukan khusus terhadap negaranya. Ia mempunyai hubungan hak dan kewajiban yang bersifat timbal balik terhadap negara. Tidak hanya penjelasan tersebut, tetapi masih banyak penjelasan lainnya di bab ini mengenai bagaimana hak dan kewajiban warga negara.
Bab delapan menampilkan good governance tanpa korupsi yaitu bagaimana penyelenggaraan pemerintahan yang baik tanpa korupsi di Indonesia dapat terlaksana, dan pastinya bangsa Indonesia akan bersih dari kasus korupsi.
Di bab terakhir materi buku ini merupakan hasil dari sebuah perjalanan panjang Indonesia menuju kemerdekaan dengan semangat yang tinggi dan bagaimana sebuah kisah dan hasil dari kemerdekaan ini dilihat dari perspektif Islam tertuang lengkap di buku ini.
Buku ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mempelajari lebih dalam tentang politik, masyarakat, dan lain sebagainya. Kekurangan di buku ini hanya terdapat pada kata-kata penulisan yang masih terdapat kata yang salah, selainnya yang ada pada buku ini sangat bagus dan dapat dipahami dengan mudah.

About adminban

Check Also

Pancasila dan Kewarganegaran di dalamnya Tercantum Kehidupan Manusia

Pancasila dan Kewarganegaran di dalamnya Tercantum Kehidupan Manusia Di bab awal dari buku ini menceritakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *